Menikmati Pesona Mega Candi Barong Daerah Istimewa Yogyakarta

Menikmati Pesona Mega Candi Barong Daerah Istimewa Yogyakarta

Pesona Mega Candi Barong-Kegiatan di bidang pariwisata merupakan salah satu bidang yang tidak terlepas dalam hal penyumbangan pendapatan negara yang terbesas di Indonesia , Saran dan Prasarana dalam kegiatan pariwisata terus di tingkatkan dalam hal akomodasi penginapan . Daerah Istimewah Yogyakarta ini terkenal akan hal obyek wisata sejarahnya yang terkenal akan seribu candi yang tersebar , salah satunya Candi Barong .
Pesona Mega Candi Barong Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Barong itu terletak terletak Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong.


Keberadaan Candi Barong yang juga bernama Candi Sari Suragedug disebutkan dalam Prasasti Ratu Baka (856 M) dalam bahasa Sansekerta dan ditulis menggunakan huruf Jawa kuno. Dalam prasasti tersebut diceritakan tentang seorang raja bernama Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava yang membangun tiga 'lingga', yaitu Krttiwasalingga dengan pendamping Dewi Sri, Triyarbakalingga dengan pendamping Dewi Suralaksmi, dan Haralingga dengan pendamping Dewi Mahalaksmi. Diperkirakan bangunan yang dimaksud adalah Candi Barong.


Dalam Prasasti Pereng (863 M), yang juga ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan huruf Jawa kuno, disebutkan bahwa pada tahun 784 Saka (860 M) Rakai Walaing Pu Kumbhayoni menganugerahkan sawah dan dua bukit di Tamwahurang untuk keperluan pemeliharaan bangunan suci Syiwa bernama Bhadraloka. Para ahli berpendapat bahwa Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava adalah Pu Kumbhayani dan bangunan Syiwa yang dimaksud adalah Candi Barong.